Rikumahu, Peter Alexander and Zuhdi, Saefudin ANALISIS PELAYANAN HOTEL TERHADAP KEPUASAN TAMU ( Studi Kasus Pada Hotel Pangrango I Jl. Pangrango No. 23 Bogor ). Perpustakaan IBI Kesatuan. (Unpublished)
Text
Skripsi 00110135.doc Download (535kB) |
Abstract
Jika kita amati dalam kehidupan pariwisata nasional maupun internasional terlihat bahwa hampir seluruh kehidupan manusia terkait dan berhubungan dengan kebutuhan akan jasa. Hotel Pangrango I sebagai perusahaan jasa, khususnya jasa perhotlan yang melayanai konsumen dengan menyediakan tempat peristirahatan,maka dari itu pelayanan yang baik, mudah, efisien dan profesional selalu diterapkan oleh Hotel Pangrango I. Identifikasi masalah yang ada dalam penulisan skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Bentuk pelayanan yang diterapkan oleh Hotel ? 2. Sejauh mana pengaruh pelayanan hotel terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa hotel ? 3. Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh hotel dalam memberikan pelayanan guna mencapai tingkat kepuasan konsumen? Pelayan yang diterapkan oleh hotel haruslah baik dan maksimal, hal ini juga ditunjang oleh sarana dan prasarana yang baik pula. Untuk mengetahui hubungan antara pelayanan hotel dengan tingkat kepuasan pelanggan, penulis menggunakan perhitungan analisis regresi, Koefisien korelasi dan Koefisien Determinasi. Dengan menggunakan angket atau kuesioner dan rumus tersebut didapatkan hasil sebagai berikut : Dari hasil hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t tabel yang artinya antara pelayanan hotel ( variabel x ) dengan tingkat kepuasan pelanggan ( variabel y ) saling mempengaruhi. Didapatkan hasil regresi sebesar y = 24,46 + 0,60X artinya jika nilai x bertambah , maka nilai y akan bertambah sebesar 0,60 kali Koefisien korelasi sebesar 0,598 menunjukan bahwa variabel x dan variabel y cukup kuat dan positif ( mendekati r = +1 ) hal ini membuktukan bahwa peningkatan pelayanan akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 35,76 % artinya pelayanan hotel memberikan kontribusi sebesar 35,76 % terhadap tingkat kepuasan pelanggan sedangkan sisanya sebesar 64,24 % merupakan kontribusi faktor-faktor lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 29 May 2020 00:29 |
Last Modified: | 29 May 2020 00:29 |
URI: | http://repository.ibik.ac.id/id/eprint/924 |
Actions (login required)
View Item |