ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP TINGKAT CLAIM PELANGGAN (Study Kasus Pada PT Astra Otoparts, Tbk.)

Sundari, Dewi and Sujana, Sujana (2006) ANALISIS KUALITAS PRODUK TERHADAP TINGKAT CLAIM PELANGGAN (Study Kasus Pada PT Astra Otoparts, Tbk.). Diploma thesis, Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan.

[img] Text
BAB I ok.doc

Download (74kB)
[img] Text
BAB II ok.doc

Download (158kB)
[img] Text
Bab 3 baru.doc

Download (128kB)
[img] Text
Bab IV-2 ok.doc

Download (223kB)
[img] Text
BAB V ok.doc

Download (26kB)
[img] Text
BAB VI ok.doc

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka ok.doc

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.doc

Download (31kB)

Abstract

Peningkatan kemampuan penghasilan produk berupa barang dan jasa terlihat dari semakin banyaknya jumlah dan variasi dari barang dan jasa yang diperjualbelikan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Barang dan jasa tersebut diperjualbelikan di pasar, diantaranya ada yang langsung dikonsumsi dan sebagian lagi ada yang di olah atau diproses lebih lanjut untuk menghasilkan barang atau jasa lainnya. Banyaknya barang atau jasa yang dipasarkan itu sangat besar jumlah dan variasinya, baik dalam jenis model, ukuran dan kualitas atau mutunya. Barang dan jasa yang siap dipasarkan sebenarnya terlebih dahulu harus dihasilkan atau diproduksi. Kegiatan untuk mamproduksi atau menghasilkan barang-barang atau jasa tersebut, merupakan kegiatan untuk menambah kegunaan dari masukan (input) menjadi keluarga (output). Dalam kegiatan untuk menambah kegunaan itu dibutuhkan sistem produksi dan operasi, sehingga dimungkinkan dilakukannya pentraspormasian masukan yang berupa peralatan, tenaga dan dana sebagai faktor-faktor produksi, diolah dengan proses teknologi tentu untuk menghasilkan keluaran (output) dalam jumlah yang cukup besar. Adapun yang menjadi identifikasi masalahnya adalah sebagai berikut : bagaimana analisis kualitas produk yang telah dilakukan oleh perusahaan, bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap tingkat claim pelanggan, dan hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi perusahaan dalam usaha melakukan kualitas produk. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus SQC didapat bahwa CL = 0,136, UCL = 0,155, dan LCL = 0,117. Adapun besarnya tingkat klaim yang keluar pada garis batas kendali bawah hanya terjadi pada bulan Juni, dan yang keluar dari batas kendali atas terjadi pada bulan Januari, hal ini berarti bahwa manajer operasional telah menjalankan dengan baik karena terjadi hanya 2 bulan. Untuk itu manajer operasional harus mengevaluasi kembali pada bulan-bulan yang berada di luar batas kendali tersebut. Adapun dari hasil perhitungan regresi korelasi sederhana di dapat rumus persamaan regresi sederhananya adalah : Y = 489,60 – 0,00012343X dan dari perhitungan regresi ini dapat diambil kesimpulan bahwa: Setiap kenaikan variabel X (kualitas produk back mirror) akan diimbangi dengan kenaikan variabel Y (tingkat klaim pelanggan) sebesar 0,00012343. Sebaliknya setiap penurunan kualitas produk back mirror akan diikuti dengan penurunan tingkat klaim pelanggan sebesar 0,00012343. Sedangkan korelasi nya apat dibuktikan bahwa korelasi antara variabel X dan Y ternyata terdapat suatu hubungan yang negatif dan cukup kuat. Hubungan antara keduanya ditunjukkan oleh koefisien korelasi dimana r = -0,1405 dengan arah negatif dan jauh mendekati 1. Hal ini dapat diartikan bahwa pelaksanaan kualitas produk ternyata mempunyai hubungan yang cukup kuat dan negatif dengan adanya tingkat klaim pelanggan. Dan koefisien determinasi (r2) menunjukkan porsi sebesar 0,01974, ini berarti bahwa pelaksanaan kualitas produk akan berpengaruh terhadap tingkat klaim pelanggan sebesar 1,974%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 29 May 2020 00:46
Last Modified: 29 May 2020 00:46
URI: http://repository.ibik.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item